Berikut Alasan Mengapa Perusahaan Anda Perlu Menggunakan Jasa Audit

Posted on

Di era yang semakin modern ini kemudahan dalam berbagai hal sangat gampang ditemukan, salah satunya yakni jasa audit perusahaan atau lebih dikenal dengan akuntan publik.

https://auditakuntansi.com/

Dalam rangka mengembangkan perusahaan agar menjadi lebih besar, banyak pihak perusahaan membutuhkan auditor laporan keuangan yang mampu bekerja sesuai standar yakni mengacu pada akutansi.

Penyedia jasa audit sendiri juga menyediakan berbagai layanan seperti jasa pembukuan, pembuatan laporan keuangan dan pengauditan.

Berikut alasan mengapa perusahaan anda perlu menggunakan akuntan publik

  1. Melakukan penilaian kinerja

Penilaian disini termasuk penilian pelaksanaan, operasional dan hasilnya. Penilain diawali dengan mengumpulkan informasi kuantitatif yang kemudian dilakukan penilaian efisiensi, efektifitas dan ekonomisasi kinerja. Dari penilaian tersebut kemudian dijadikan informasi bagi menajemen guna meningkatkan kinerja perusahaan.

  1. Penilaian pengendalian

Pemeriksaan audit operasional yang berhubungan dengan pengendalian administratif pada semua tahap operasi di perusahaan. Apakah pengendalian yang dilakukan tersebut telah memadai dan terbukti efektif mencapai tujuan perusahaan atau tidak.

  1. Membantu manajemen

Dalam hal pemeriksaan operasional dan ketaatan, hasil audit diarahkan untuk kepentingan performansi manajemen. Hasil dari audit tersebut adalah rekomendasi-rekomendasi atas perbaikan yang dibutuhkan oleh manajemen.

  1. Kredibilitas

Laporan keuangan yang diaudit akan jauh lebih baik tingkat kredibilitasnya. Dengan begitu laporantersebut akan dipercaya untuk kepentingan pihak luar entitas, seperti kreditor, pemegang saham dan lainnya.

  1. Sebagai ketepatan setiap transaksi

Dengan adanya audit membuat setiap transaksi dan saldo perkiraan menjadi pasti. Sebab dicatat berdasarkan perhitungan dengan benar, jumlah dengan benar, dicatat dengan tepat dan diklasifikasikan.

  1. Eksistensi

Audit juga bertujuan memastikan bahwa semua kewajiban dan harta yang telah tercatat terjadi pada tanggal tertentu atau eksistensi. Sehingga transaksi yang tercatat tersebut tidak fiktif tetapi benar-benar terjadi.

  1. Klasifikasi

Audit bertujuan untuk memastikan bahwa setiap transaksi yang telah terjadi sudah diklasifikasi dan tercamtun dalam laporan dengan tepat. Apabila terkait dengan saldo, maka angka-angka yang terdaftar telah diklasifikasikan dengan tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *